Oleh: ditogendut | 7 Agustus 2008

Kudeta di Mauritania

Wikipedia, 7 Agustus 2008

President Sidi Ould Cheikh Abdallahi of Mauritania is deposed in a military coup d’état.

Hhh… heran. Kenapa lagi banyak kudeta ya belakangan ini? Baru tahun kemaren ada berita kalo Thailand dikudeta, eh sekarang Mauritania juga ada kudeta. Kadang kalo denger berita seperti ini perasaan gue jadi enggak enak banget karena ngebayangin kemaren pas gue lagi enak-enak tidur ternyata di belahan dunia sana lagi ada kejadian seperti ini. Jadi bener-bener terasa kalo gue sebagai manusia emang nggak bisa tahu segalanya.

Kenapa ya negara-negara di Afrika kok sepertinya agak-agak beresiko tinggi untuk kena kudeta? Gue lumayan bersukur di Indonesia (yang katanya amburadul ini) cuman pernah terjadi 1 kali kudeta (yang resmi diakui) yaitu waktu G30S-PKI. Setelah itu paling juga waktu Gus Dur dicopot sebagai presiden, tapi itu juga nggak bisa dibilang kudeta juga sih karena yang mau nyopot adalah parlemen, jadi mau gimana juga.

Udah gitu seringkali yang melakukan kudeta adalah pihak militer. Ini gimana sih? Bukannya seharusnya militer itu justru yang melindungi dan menjaga pemerintahan yang sah ya? Kok sering kali malah mereka sih yang bikin kudeta? Haduh… jadi kebalik-balik deh semua

Mungkin emang Indonesia udah yang paling bener kali ya? Kita kan suka tuh punya presiden mantan Jendral, jadinya militer juga nggak enak kalo mau kudeta, lha wong yang dikudeta temen sendiri manalah mereka tega. Kalaupun tega juga ada rasa nggak enak-nya juga kali. Masa tentara makan tentara, hehehe…

Yah, mudah-mudahan aja ini nggak menular ke negara-negara lain. Terutama jangan sampe menular ke Indonesia lah. Toh menurut gue Indonesia juga udah nggak jelek-jelek amat kok, jadi jangan pake dikudeta-kudeta deh. Amit-amit…

Btw, Mauritania tuh ternyata gede juga lho. Kurang lebih 1/2 ukurannya Indonesia. Tapi kalo Indonesia ada laut di tengah-tengahnya, Mauritania tanah semua. Jadi yah kurang lebih ukuran tanahnya sama kali ya? Itu lebih bikin gue miris lagi. Negara segede itu kok bisa-bisanya dikudeta. Hhh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: